Author Topic: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D  (Read 5386 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Online cruiser

  • Elandili
  • ****
  • Posts: 708
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #15 on: December 05, 2011, 11:19:11 AM »
Quote from: bude
Dari pengalaman pribadi, seperti yg saya tulis di blog, sekarang saya mengaku tidak tahu apa-apa tentang hal spiritual ini. Saya juga gak beragama karena agama (religion) baru dikenal abad ke 17, agama gak ada di perjanjian lama, perjanjian baru, di al quran.
apa menurut anda "islam" itu agama ?

Quote
Karena konsekwensi jadi quranist itu kan hanya percaya pada al quran (apa ini berarti gak baca buku lain?) , sedangkan al quran itu tidak jelas tanpa bantuan kitab lain (bukan hanya hadist, tapi juga tanpa perjanjian lama). Misalnya tentang qurban, tentang shalat, itu masih jadi perdebatan disini. Tentang Muhammad, apa beliau ada di quran? apakah dia yang menerima wahyu al quran? tentang quran turun di arab, betulkah? taunya dari mana? apa ibrahim pernah ke arab? Jadi, saya ternyata tidak tahu apa-apa.
- percaya kepada AQ, it's yes, krn AQ diturunkan dari Tuhan - pencipta alam semesta - anda (selaku kaum agnostik) pasti akan mengatakan :

apa buktinya kalo AQ itu diturunkan dari Allah ? 
saya menjawab spt, yg disebutkan dalam AQ, :" ... silahkan anda buat satu surah yang semisal Al Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

- tentang AQ gak jelas, komentar yg dapat saya berikan adalah bahwa saya memahami banyak sekali orang yg beranggapan AQ itu tidak jelas, salah satu sebabnya adalah mereka tidak mau menjadikan AQ sebagai petunjuk, kalo orang tidak mau menjadikan AQ sebagai petunjuk bagaimana mungkin Allah memberi petunjuk kepada orang yang tidak mau menjadikan AQ sebagai petunjuk, padahal tidak ada satu manusia dimuka bumi ini yg dapat menjelaskan AQ, kecuali Allah sendiri.

AQ memerintahkan untuk membaca dan mengikutinya, bagaimana mungkin orang mengikuti AQ kalo AQ sendiri tidak jelas ? bukankah ini sesuatu yg mustahil ?

begitu bodohnya tuhan yg menyuruh hambanya mengikuti sesuatu yg gak jelas ? begitukah ? saya kira yg paling mungkin adalah mereka tidak membaca dengan benar atau mereka itu membaca tetapi mereka itu "buta" akibatnya ya jelas, mereka tidak akan tahu apa itu AQ ?

saya ingin mengomentari tentang :

- qurban,  apakah Allah memerintahkan untuk menyembelih kambing, sapi dsb.  Catatlah bahwa tidak ada satu ayatpun yg memerintahkan spt. itu. Perintah memotong hewan itu bukan dari Allah itu sebabnya menimbulkan kontroversial disana sini, 

-  shalat, spt. yg anda ketahui dilakukan 5 x 17 juga bukan perintah Allah, tetapi perintah manusia, jadi maklumi saya kalo menimbulkan pertentangan dan gak pernah jelas.

- Muhammad, kalo anda meragukan ini ayatnya :

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.(QS 48:29)


- AQ turun di tanah arab, tidak ada keterangan yg jelas, yg ada adalah AQ itu turun dalam bahasa Arab,

12.2. Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa bacaan berbahasa Arab, agar kamu berfikir.

jadi kalo ada orang mengatakan AQ itu diturunkan di tanah arab, yg mungkin saja karena AQ kan diturunkan dalam bahasa arab.

Nah kalo anda mau lebih teliti lagi maka apa yg dilakukan oleh mereka yg mengaku islam,  pengikut Muhammad, umat muhammad itu tidak lebih dari orang2 yg justru tidak memperdulikan AQ, apa yang mereka aplikasikan seperti shalat, zakat, puasa haji dsb bukanlah dari AQ tetapi dari kitab2 lain. Ayat ini menjadi bukti ;

Berkatalah Utusan: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diperdulikan".(QS 25:30)


Dan Orang yg menjadikan Allah bersama2 yg lain selain Allah dikatakan sebagai orang musyrik.


Offline digdug

  • Glamhoth
  • Posts: 44
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #16 on: December 05, 2011, 01:56:51 PM »
salam superrrr

Ane baca link yang diberikan bude,..dibagian komen ane liat bude ngaku bukan muslim???Kok bisa enteng manusia jaman sekarang ngaku bukan 'muslim', ingat segala sesuatunya harus dipertanggung jawabkan

Para nabi itu disebut muslim dari dulu [22:78] !!
Yusuf aja  minta agar diwafatkan dalam keadaan muslim [12:101].

Kalo boleh ane saran liat garis besarnya bude, kata 'muslim sendiri disebutkan lebih dari 20x didalam Qur'an.
CW smith mungkin benar jika berbicara 'agama' tapi Al-Qur'an bicara 'Dien'.

Kebuntuan CW smith bisa saja difaktorkan dengan keadaan dilapangan yang ada pada umat ber'agama' .  Dan saya yakin kalu ditanya ke CW smith pandangannya tentang Dien dia juga kelabakan.  :)

salam superrrr
« Last Edit: December 05, 2011, 04:30:34 PM by digdug »

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #17 on: December 05, 2011, 06:54:07 PM »
Quote
apa menurut anda "islam" itu agama ?
islam kan katanya artinya berserah diri. Ada yang menganggap itu agama, sy gak tau dg teman2 yg disini. diin ada yg bilang bukan agama tapi way of life etc etc

Mengenai qurban, haji dan shalat dalam forum ini belum ada kesepakatan.  Tapi melihat banyaknya pengaruh yahudisme disini spt kisah-kisah nabi dan ibrahim dan semuanya, menurutku yang dibicarakan memang qurban dan shalat seperti yang dimaksud dalam yahudisme. 

Memang dalam al quran disebut Muhammad adalah utusan Allah, tetapi Muhammad disitu apakah sebuah nama atau kata-kata dalam bahasa arab? Sebagai quranist pasti mengetahui bahwa muhammad itu bisa diterjemahkan.  Apakah itu merefer kepada seseorang bernama Muhammad? ataukah sedang membicarakan orang yang bergelar muhammad? 

kenapa kalau saya mengaku bukan muslim? itu lebih menguntungkan, Farabi pasti setuju. Daripada ngaku muslim dibilang sesat nanti rumahnya dibakar lho..

memang al quran berbahasa arab, tapi apa diturunkan di arab? di mekah? di madinah? atau di negev?

lalu kalau tidak percaya hadist, setidaknya harus mempercayai injil dan taurat, karena itu yang disuruh di al quran, berarti sejarah ibrahim seharusnya meyakini yang ada di perjanjian lama.

oh ya, di perjanjian baru tidak ada ayat yang secara jelas mengatakan bahwa yesus itu tuhan, itu masih diperdebatkan. Karena ayat yang (sama seperti al quran) bisa ditafsirkan bermacam-macam.  Jadi, membaca perjanjian lama dan perjanjian baru tidak akan membuat ke quranist-an teman2 disini jadi berkurang, percaya pada saya.

Offline Gibor

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 454
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #18 on: December 05, 2011, 08:30:27 PM »
Quote
apa menurut anda "islam" itu agama ?
islam kan katanya artinya berserah diri. Ada yang menganggap itu agama, sy gak tau dg teman2 yg disini. diin ada yg bilang bukan agama tapi way of life etc etc

Mengenai qurban, haji dan shalat dalam forum ini belum ada kesepakatan.  Tapi melihat banyaknya pengaruh yahudisme disini spt kisah-kisah nabi dan ibrahim dan semuanya, menurutku yang dibicarakan memang qurban dan shalat seperti yang dimaksud dalam yahudisme. 

Memang dalam al quran disebut Muhammad adalah utusan Allah, tetapi Muhammad disitu apakah sebuah nama atau kata-kata dalam bahasa arab? Sebagai quranist pasti mengetahui bahwa muhammad itu bisa diterjemahkan.  Apakah itu merefer kepada seseorang bernama Muhammad? ataukah sedang membicarakan orang yang bergelar muhammad? 

kenapa kalau saya mengaku bukan muslim? itu lebih menguntungkan, Farabi pasti setuju. Daripada ngaku muslim dibilang sesat nanti rumahnya dibakar lho..

memang al quran berbahasa arab, tapi apa diturunkan di arab? di mekah? di madinah? atau di negev?

lalu kalau tidak percaya hadist, setidaknya harus mempercayai injil dan taurat, karena itu yang disuruh di al quran, berarti sejarah ibrahim seharusnya meyakini yang ada di perjanjian lama.

oh ya, di perjanjian baru tidak ada ayat yang secara jelas mengatakan bahwa yesus itu tuhan, itu masih diperdebatkan. Karena ayat yang (sama seperti al quran) bisa ditafsirkan bermacam-macam.  Jadi, membaca perjanjian lama dan perjanjian baru tidak akan membuat ke quranist-an teman2 disini jadi berkurang, percaya pada saya.

untuk yang saya bold, boleh saya tahu, diantara ratusan ribu Injil atau PB yang di kanon Gereja, yang mana yang harus diimani? ingat pada zaman nabi Muhammad, kekristenan itu masih sangat banyak, belum kompak menjadi Trinitarian dan Arianisme beserta buku2nya masih banyak tersebar.

dan Perjanjian versi mana yang harus saya imani atau saya baca? Douay-Reims, atau King James Version? atau versi Yahudi sendiri?

dilihat dari tulisannya, anda ini sedang tertarik dengan kekristenan, sama seperti saya dulu hingga memutuskan menjadi Katolik, namun sadar bahwa kekristenan itu ternyata jauh lebih parah dari Islam (ketika itu saya mengatakan Islam parah dan terbelakang), dan untuk fase Agnostik, kalau anda percaya Tuhan, anda belum bisa dibilang Agnostik, karena Agnostik itu sebenarnya 80% yakin Tuhan tidak ada, 20% nya ga mau tau karena ribet, dan Agnostik sendiri tidak pernah berdoa kepada Tuhan apalagi meminta petunjuk.

Offline digdug

  • Glamhoth
  • Posts: 44
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #19 on: December 05, 2011, 10:14:22 PM »
kenapa kalau saya mengaku bukan muslim? itu lebih menguntungkan, Farabi pasti setuju. Daripada ngaku muslim dibilang sesat nanti rumahnya dibakar lho..

Susah juga kalau faktor yang dipertimbangkan semata untuk keuntungan. Takut hanya kepada Allah kayaknya ga usah ada lagi di kamus, yang penting  untung dan selamet di mata manusia. ???

Sedikit menanggapi.


Quote
Memang dalam al quran disebut Muhammad adalah utusan Allah, tetapi Muhammad disitu apakah sebuah nama atau kata-kata dalam bahasa arab? Sebagai quranist pasti mengetahui bahwa muhammad itu bisa diterjemahkan.  Apakah itu merefer kepada seseorang bernama Muhammad? ataukah sedang membicarakan orang yang bergelar muhammad?


Quote
Mengenai qurban, haji dan shalat dalam forum ini belum ada kesepakatan.  Tapi melihat banyaknya pengaruh yahudisme disini spt kisah-kisah nabi dan ibrahim dan semuanya, menurutku yang dibicarakan memang qurban dan shalat seperti yang dimaksud dalam yahudisme.

Kenapa 'ibrahim' tidak ente jabarkan menurut arti? sementara 'muhammad' ente keder antara nama atau arti? sekalian aja 'Adam' dikasih gelar bukan nama, standard ente apa untuk tidak mengartikan atau mengartikan nama nabi nabi lain?  ;D

Kalo ente baca Qur'an soal ibadah dan iman seseorang itu bukan tergantung kesepakatan antara manusia. Ane nanti maju sendiri tanggung jawab ga pake nunjuk orang atau alesan ane ibadah karena kesepakatan antara sesama manusia. Ente bilang lebih ke personal tapi kok masih pake kata 'kesepakatan'?  :)

Salam szuuperrrrr




Offline Rero

  • Naugrim
  • *
  • Posts: 74
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #20 on: December 05, 2011, 10:26:04 PM »
Quote
apa menurut anda "islam" itu agama ?
islam kan katanya artinya berserah diri. Ada yang menganggap itu agama, sy gak tau dg teman2 yg disini. diin ada yg bilang bukan agama tapi way of life etc etc

Mengenai qurban, haji dan shalat dalam forum ini belum ada kesepakatan.  Tapi melihat banyaknya pengaruh yahudisme disini spt kisah-kisah nabi dan ibrahim dan semuanya, menurutku yang dibicarakan memang qurban dan shalat seperti yang dimaksud dalam yahudisme. 

Memang dalam al quran disebut Muhammad adalah utusan Allah, tetapi Muhammad disitu apakah sebuah nama atau kata-kata dalam bahasa arab? Sebagai quranist pasti mengetahui bahwa muhammad itu bisa diterjemahkan.  Apakah itu merefer kepada seseorang bernama Muhammad? ataukah sedang membicarakan orang yang bergelar muhammad? 

kenapa kalau saya mengaku bukan muslim? itu lebih menguntungkan, Farabi pasti setuju. Daripada ngaku muslim dibilang sesat nanti rumahnya dibakar lho..

memang al quran berbahasa arab, tapi apa diturunkan di arab? di mekah? di madinah? atau di negev?

lalu kalau tidak percaya hadist, setidaknya harus mempercayai injil dan taurat, karena itu yang disuruh di al quran, berarti sejarah ibrahim seharusnya meyakini yang ada di perjanjian lama.

oh ya, di perjanjian baru tidak ada ayat yang secara jelas mengatakan bahwa yesus itu tuhan, itu masih diperdebatkan. Karena ayat yang (sama seperti al quran) bisa ditafsirkan bermacam-macam.  Jadi, membaca perjanjian lama dan perjanjian baru tidak akan membuat ke quranist-an teman2 disini jadi berkurang, percaya pada saya.

untuk yang saya bold, boleh saya tahu, diantara ratusan ribu Injil atau PB yang di kanon Gereja, yang mana yang harus diimani? ingat pada zaman nabi Muhammad, kekristenan itu masih sangat banyak, belum kompak menjadi Trinitarian dan Arianisme beserta buku2nya masih banyak tersebar.

dan Perjanjian versi mana yang harus saya imani atau saya baca? Douay-Reims, atau King James Version? atau versi Yahudi sendiri?

dilihat dari tulisannya, anda ini sedang tertarik dengan kekristenan, sama seperti saya dulu hingga memutuskan menjadi Katolik, namun sadar bahwa kekristenan itu ternyata jauh lebih parah dari Islam (ketika itu saya mengatakan Islam parah dan terbelakang), dan untuk fase Agnostik, kalau anda percaya Tuhan, anda belum bisa dibilang Agnostik, karena Agnostik itu sebenarnya 80% yakin Tuhan tidak ada, 20% nya ga mau tau karena ribet, dan Agnostik sendiri tidak pernah berdoa kepada Tuhan apalagi meminta petunjuk.

pendapat saya............
pertama injil dan taurat harus diimani, karena al-quran juga menyebutkan bahwa Allah telah menurunkan kitab tersebut sebelum al-quran, dan al-quran adalah sebagai pelurus dari penyelewengan2 yang ada pada kitab sebelumnya. Dan al-quran sendiri merupakan pengulangan dan pengajaran yang sama, dimana Dien (cara hidup) ini telah diwasiatkan kepada ibrahim, musa ,isa, daud hingga muhammad dan tdak ada yang berubah dari pengajaran tersebut...

Agama muncul karena pengaruh budaya (cara hidup setempat) dimana wahyu itu turun.Memang benar bahwa wahyu harus beradaptasi, menyesuaikan kondisi setempat, terutama cara berpikir dan filosofi setempat, hingga wahyu terjelaskan dari bahasa setempat. Kemudian budaya tempatan inilah yang menjadi agama, karena penamaan, symbol2 bahkan tempat2 sakral beserta ritualnya ikut dimasukkan kedalam wahyu oleh penduduk tersebut. Campur tangan inilah yang dilaknat oleh Allah.

Maka agama2 terpisahkan oleh syariat (ritual), dimana setiap agama mempunyai cara yang berbeda dalam merealisasikan wahyu, dan cara yang berbeda inilah yang disebut agama.

Namun bagi siapa saja yang benar2 mengikuti wahyu, tanpa mengikutkan tradisi (hadist), baik itu kitab yang manapun, maka ia akan menemukan pengajaran yang sama. celakanya lagi kitab2 sebelumnya, tradisi (hadist) sudah tidak dapat dibedakan lagi dengan kitab yang asli.

Dan menurut pendapat saya, memulai pengajaran dari al-quran, kemudian mengambil hikmah dari kitab2 yang lain, selagi memegang al-quran sebagai batu lompatan atau sebagai penguji, akan semakin memperjelas al-quran itu sendiri ....


Allahualam

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #21 on: December 06, 2011, 05:49:01 AM »
Quote
Dan menurut pendapat saya, memulai pengajaran dari al-quran, kemudian mengambil hikmah dari kitab2 yang lain, selagi memegang al-quran sebagai batu lompatan atau sebagai penguji, akan semakin memperjelas al-quran itu sendiri ....

wah , komen ini yang paling setujui

tentang agnostik.. saya gak tau apa istilah yang sedang saya alami, pokoknya saya sekarang merasa gak tau apa-apa

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #22 on: December 06, 2011, 06:24:58 AM »
Gibor:
Quote
untuk yang saya bold, boleh saya tahu, diantara ratusan ribu Injil atau PB yang di kanon Gereja, yang mana yang harus diimani? ingat pada zaman nabi Muhammad, kekristenan itu masih sangat banyak, belum kompak menjadi Trinitarian dan Arianisme beserta buku2nya masih banyak tersebar.
yang paling gampang membaca perjanjian lama dan baru yang ada sekarang, kalo nyari2 sendiri bujuug.. harus ke vatikan dulu atau israel kali yah

kitab2 kristen sangat banyak, bukan cuma monopoli kekristenan roma atau yunani.  Salah satunya barangkali al quran ini.

Offline Gibor

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 454
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #23 on: December 06, 2011, 08:23:19 PM »
Gibor:
Quote
untuk yang saya bold, boleh saya tahu, diantara ratusan ribu Injil atau PB yang di kanon Gereja, yang mana yang harus diimani? ingat pada zaman nabi Muhammad, kekristenan itu masih sangat banyak, belum kompak menjadi Trinitarian dan Arianisme beserta buku2nya masih banyak tersebar.
yang paling gampang membaca perjanjian lama dan baru yang ada sekarang, kalo nyari2 sendiri bujuug.. harus ke vatikan dulu atau israel kali yah

kitab2 kristen sangat banyak, bukan cuma monopoli kekristenan roma atau yunani.  Salah satunya barangkali al quran ini.

kenapa harus PB dan PL sekarang?? atau lebih sederhananya, apa saya harus membaca Kitab deuterokanonika untuk PL atau tidak? Alkitab translasi mana yang harus saya baca??

Saya melihat banyaj Quranist yang membenci Hadist yang JAUH lebih ilmiah secara penulisan, namun begitu mencintai PL dan PB?? dimana letak logikanya?

Offline Gibor

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 454
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #24 on: December 06, 2011, 08:27:38 PM »
Quote
Dan menurut pendapat saya, memulai pengajaran dari al-quran, kemudian mengambil hikmah dari kitab2 yang lain, selagi memegang al-quran sebagai batu lompatan atau sebagai penguji, akan semakin memperjelas al-quran itu sendiri ....

wah , komen ini yang paling setujui

tentang agnostik.. saya gak tau apa istilah yang sedang saya alami, pokoknya saya sekarang merasa gak tau apa-apa

Anda deist, anda percaya Tuhan tapi ga beragama... sebenarnya saya lebih bingung lagi sama kondisi anda, anda tahu Tuhan itu ada dari agama kan?

dan menurut anda, Tuhan itu seperti apa sih? karena beda agama, maka beda konsep tentang definisi Tuhan.. bahkan ke Maha Pengasihan Tuhan saja beda agama bisa beda definisi. Contoh nyata adalah maha pengasih versi kristen yang rela tuhan turun kebumi dan bunuh diri di siksa sama makhluknya demi menebus dosa yang dibuatNya sendiri.. sementara versi Islam adalah, Tuhan maha pengasih karena Dia menyediakan segalanya untuk makhluknya, dan Dia senantiasa mengampuni dosa makhluknya tanpa harus mengorbankan dirinya.

btw kalo saya jadi anda lebih baik jadi atheist, lebih plong :D :D
« Last Edit: December 06, 2011, 08:30:46 PM by Gibor »

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #25 on: December 06, 2011, 09:25:56 PM »
Quote
anda tahu Tuhan itu ada dari agama kan?
Nggak selalu.  barangkali untuk saya iya, tapi nggak selalu begitu utk org lain.  Manusia selalu takjub dg alam dan tahu ada sesuatu diluar kuasa manusia yang membuat itu terjadi.  Manusia itu homo religious.  Sy pernah tulis ttg agama (religion) diblog saya utk tau pendapat sy ttg 'agama'.

Susah sekali utk bertuhan kalau harus memilih tuhan berdasarkan sifat2Nya.  berarti itu tuhan buatan manusia, kita beri sifat dan kita pilih yang kita mau?  Gak main perasaan disini? Aku gak setuju konsep itu.  Sy sih gak mau susah-susah mikirin itu.
« Last Edit: December 06, 2011, 09:27:35 PM by bude »

Offline Gibor

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 454
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #26 on: December 06, 2011, 09:51:19 PM »
Quote
anda tahu Tuhan itu ada dari agama kan?
Nggak selalu.  barangkali untuk saya iya, tapi nggak selalu begitu utk org lain.  Manusia selalu takjub dg alam dan tahu ada sesuatu diluar kuasa manusia yang membuat itu terjadi.  Manusia itu homo religious.  Sy pernah tulis ttg agama (religion) diblog saya utk tau pendapat sy ttg 'agama'.

Susah sekali utk bertuhan kalau harus memilih tuhan berdasarkan sifat2Nya.  berarti itu tuhan buatan manusia, kita beri sifat dan kita pilih yang kita mau?  Gak main perasaan disini? Aku gak setuju konsep itu.  Sy sih gak mau susah-susah mikirin itu.

kalau begitu, bagaimana anda yakin kalau Tuhan itu Esa? ga polytheist kaya agama viking?

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #27 on: December 06, 2011, 09:56:17 PM »
Gibor:
Quote
kenapa harus PB dan PL sekarang?? atau lebih sederhananya, apa saya harus membaca Kitab deuterokanonika untuk PL atau tidak? Alkitab translasi mana yang harus saya baca??

Saya melihat banyaj Quranist yang membenci Hadist yang JAUH lebih ilmiah secara penulisan, namun begitu mencintai PL dan PB?? dimana letak logikanya?

Kalau lihat forum lagi gak banyak quranist yang mencintai PL dan PB. Gak ada malah.

Barangkali lebih baik baca septuaginta atau beresith untuk perjanjian lama supaya lebih otentik? saya belum pernah baca PL dan PB dari awal sampai akhir, tapi pengetahuan ttg itu memadai melengkapi al quran yg kita baca.  Misalnya kita baca al maidah, dan kita tahu kisah Last supper Isa dari injil, itu kan bisa menambah pemahaman kita ttg al quran, apa yang sedang mereka bicarakan ttg hidangan dari langit. 

Barangkali sy juga salah merefer dengan PL tapi maksud saya hanya ke 4 injil saja,bukan keseluruhan PL.

Hadist ilmiah? barangkali memang dibandingkan penulisan taurat/kitab2 yahudi kita tidak tahu sejarahnya. Tapi injil setidaknya penulisannya lebih dekat waktunya dengan kejadian (70 M ?) daripada hadist yang 200 tahun kemudian.  Sanad dan Matan itu kedengarannya aja ilmiah, menurutku itu ilmu guthak gathuk.  Tapi memang bukan berarti semua hadist itu bohong atau gak berguna. 

Injil (yg 4) sudah dibedah oleh ahli filologi jadi kita bisa tahu bahwa 4 injil itu merujuk pada satu sumber (Q), dan bahwa injil yohannes dibuat paling akhir. perubahan2 cara bercerita dari ke4 penulis injil juga dibahas sehingga bisa ketahuan bahwa penulis injil awal tidak menuhankan Yesus dan itu berubah pada injil ke 4.

Ada baiknya juga al quran2 kuno diteliti secara filologi jadi lebih jelas.  Toh injil yang dibedah itu gak bikin semua orang kristen pindah agama. Sy pikir begitu juga dg al quran, walaupun dibedah gak akan bikin orang islam ramai-ramai pada murtad.

Dan menurutku di al quran pun injil dan taurat disebut sehingga pantas untuk dibaca.

Online cruiser

  • Elandili
  • ****
  • Posts: 708
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #28 on: December 07, 2011, 05:39:24 PM »
Quote
islam kan katanya artinya berserah diri. Ada yang menganggap itu agama, sy gak tau dg teman2 yg disini. diin ada yg bilang bukan agama tapi way of life etc etc
makna islam adalah :

= Siin-Lam-Miim = safety/security/freedom/immunity, to escape, salutation/greeting/peace, deliver/acknowledge, pay in advance, submit, sincerity, humility, submission/conformance/obedience, resign/quit/relinquish, to be in sound condition, well without blemish, gentle/tender/soft/elegant. Solomon/Sulaiman.

http://www.studyquran.co.uk/PRLonline.htm

untuk penggunaannya tentu saja bergantung kepada kalimatnya, misalnya ayat berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

oleh depag diterjemahkan,

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.(QS 3:102)

seharusnya diterjemahkan :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan kamu patuh.(QS 3:102)

jadi ISLAM pada ayat tersebut diterjemahkan sebagai : PATUH.


Quote
Mengenai qurban, haji dan shalat dalam forum ini belum ada kesepakatan.  Tapi melihat banyaknya pengaruh yahudisme disini spt kisah-kisah nabi dan ibrahim dan semuanya, menurutku yang dibicarakan memang qurban dan shalat seperti yang dimaksud dalam yahudisme. 
ketika anda mendapatkan ketidak sepakatan tentang sesuatu hal, maka hal itu di dalam AQ disebut MUTASYABIHAT artinya samar/gak jelas, ada beberapa catatan tentang ayat ini,

- ayat itu bukan inti atau pokok dari A dari AQ,
- tafsir/takwilnya hanya Allah yg mengetahui, itu sebabnya tentang hal ini sering menimbulkan perdebatan,

lebih jelasnya dapat dilihat pada ayat ini,

Dia-lah yang menurunkan Al Kitab kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur'an dan yang lain  mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran melainkan orang-orang yang berakal.(QS 3:7)

jadi yg diperdebatkan tentu saja hal yg bukan pokok, tetapi oleh kaum sektarian ayat2 mutasyabihat ini justru menjadi sesuatu yg pokok, setelah melalui "proses penafsiran" yg dilakukan oleh para ahli mereka.


Quote
Memang dalam al quran disebut Muhammad adalah utusan Allah, tetapi Muhammad disitu apakah sebuah nama atau kata-kata dalam bahasa arab? Sebagai quranist pasti mengetahui bahwa muhammad itu bisa diterjemahkan.  Apakah itu merefer kepada seseorang bernama Muhammad? ataukah sedang membicarakan orang yang bergelar muhammad? 
Anda benar, tetapi kalo anda mau lebih teliti kata Muhammad bisa merujuk pada "orang yg memuji Allah", atau nama orang, tetapi apa begitu pentingkah arti sebuah nama Rasul dibandingkan apa yg disampaikannya ?

kenapa kalau saya mengaku bukan muslim? itu lebih menguntungkan, Farabi pasti setuju. Daripada ngaku muslim dibilang sesat nanti rumahnya dibakar lho..

Quote
memang al quran berbahasa arab, tapi apa diturunkan di arab? di mekah? di madinah? atau di negev?
begitu pentingkah nama2 itu bagi anda ?

Quote
lalu kalau tidak percaya hadist, setidaknya harus mempercayai injil dan taurat, karena itu yang disuruh di al quran, berarti sejarah ibrahim seharusnya meyakini yang ada di perjanjian lama.
dalam banyak ayat dikatakan beriman kepada "apa yg diturunkan Allah", jadi hadist tidak termasuk di dalamnya, sementara tentang injil dan taurat sendiri, tentunya harus merujuk kepada "apa yg diturunkan Allah", bukan asal mengimaninya.

Quote
oh ya, di perjanjian baru tidak ada ayat yang secara jelas mengatakan bahwa yesus itu tuhan, itu masih diperdebatkan. Karena ayat yang (sama seperti al quran) bisa ditafsirkan bermacam-macam.  Jadi, membaca perjanjian lama dan perjanjian baru tidak akan membuat ke quranist-an teman2 disini jadi berkurang, percaya pada saya.
AQ mengatakan sbb :

Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "tiga", berhentilah. Lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.(QS 4:171)

pertanyaannya apakah menurut anda posisi yesus selaku Rasul/utusan pada ayat diatas masih diperdebatkan ?

Offline Gibor

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 454
    • View Profile
Re: akirnya, saya menjadi "Ingkar Sunnah" :D
« Reply #29 on: December 07, 2011, 08:17:57 PM »
@cruiser

contoh ayat2 muhkamaat dan mutsyabihaat itu spt apa ya?