Author Topic: Mekah dan Saudi Arabia  (Read 3555 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bovista

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 102
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #15 on: February 24, 2007, 12:57:27 PM »
Salam;
Tidak ada keistimewaan kepada  bangsa   ?arab?  dan kebanyakan mereka juga terkenal dengan kemunafikan dan kekafiran.

9:97. Orang-orang Arab lebih sangat dalam kekafiran dan kemunafikan, dan lebih wajar untuk tidak mengetahui had-had (hudud) yang Allah menurunkan kepada rasul-Nya; dan Allah Mengetahui, Bijaksana

Quote
masyarakat mana yang lebih akrab dengan istilah haji selain orang arab dan rumah ibadahnya.
Kita di beritahu oleh Allah perangai pak arab bahawa mereka akan menerima double punishment kerana berani dalam kemunafikan.

9:101. Dan antara orang-orang ?Arab? yang di sekeliling kamu, mereka adalah orang-orang munafik; dan sebahagian daripada penduduk Kota menjadi berani dalam kemunafikan. Kamu tidak mengetahui mereka, tetapi Kami mengetahui mereka, dan Kami akan mengazab mereka dua kali, kemudian mereka dikembalikan kepada azab yang besar.



Offline bude

  • Moderator
  • Nogoth
  • ********
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #16 on: February 24, 2007, 10:26:08 PM »

Apakah bedanya ritual tsb dengan mengitari lingam?
(baca juga di http://www.fas.harvard.edu/~pluralsm/affiliates/ackland/hindubhavan_report.html)

Meskipun interpretasi memang bisa bermacam-macam, apakah ini mencerminkan 6:151?


salam,

Ada persamaan dan perbedaannya.  Yang saya baca dari artikel tersebut adalah ritual dari agama hindu yaitu berdiri mengelilingi lingam yang disiram dengan bermacam cairan.  Kuil ini menyimpan bermacam idol dari bermacam dewa.  Ini sangat mencerminkan sistem pemujaan pagan. persamaannya barangkali bahwa keduanya bermaksud untuk mendekatkan manusia dengan penciptanya.

Pada awalnya manusia memuja bermacam dewa karena benak manusia yang sederhana ini tidak bisa menerima kontradiksi dari hal gaib yang membawa berbagai macam keajaiban alam.  Hal gaib tersebut kadang begitu pemurah, memberikan hasil panen yang baik.  Hal gaib yang lain menimbulkan bencana alam yang mengerikan.  Sehingga hal gaib tersebut disimbolkan dalam bentuk dewa dewa yang berlainan dengan sifat-sifat khusus seperti pengayom kesuburan, dan bencana. 

Berhaji, barangkali merupakan symbol bahwa sekarang kita sudah menyembah yang satu.  Dan manusia dengan segala kelemahannya, harus berpegang pada suatu simbol untuk mendekatkan diri, karena tanpa itu tuhan akan terasa sangat jauh dan tak terjangkau.   

Bahkan hingga masa kini, kemampuan manusia untuk benar-benar ?menyerah? bahwa Allah mempunyai sifat-sifat yang bertentangan dalam nya, dan bahwa ia dekat, masih sulit untuk dilakukan.

Offline bovista

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 102
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #17 on: February 24, 2007, 11:00:40 PM »
Salam,
Quote
Berhaji, barangkali merupakan symbol bahwa sekarang kita sudah menyembah yang satu
Orang ramai yang mempersekutukan Tuhan mengatakan bahawa  kaaba melambangkan keagungan Tuhan dan mendakwa bangunan segi empat  sebagai simbol. Mereka juga  mencipta tempat melontar di Mina sebagai simbol syaitan. Kenapa perlu simbol seperti ugama lain??


Offline bude

  • Moderator
  • Nogoth
  • ********
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #18 on: February 25, 2007, 09:22:00 PM »
Quote
masyarakat mana yang lebih akrab dengan istilah haji selain orang arab dan rumah ibadahnya.
Kita di beritahu oleh Allah perangai pak arab bahawa mereka akan menerima double punishment kerana berani dalam kemunafikan.

salam..

ahirnya saya tau caranya buat kotak quote ini  :clap:

memang betul.  saya hanya mau menjelaskan argumen saya bahwa kan al qur'an diturunkan dalam bahasa arab,pastinya term haji akan sangat akrab ditelinga orang arab, yaitu ritual itu.  kalau maksudnya bukan ritual itu, barangkali akan digunakan term lain (seperti di thread lain mengenai arti lain dari term haji itu lho) 

Offline kent

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 159
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #19 on: February 25, 2007, 09:47:19 PM »
Salam damai,

Quote
Berhaji, barangkali merupakan symbol bahwa sekarang kita sudah menyembah yang satu.  Dan manusia dengan segala kelemahannya, harus berpegang pada suatu simbol untuk mendekatkan diri, karena tanpa itu tuhan akan terasa sangat jauh dan tak terjangkau.   
Manusia sememangnya bersifat lemah, banyak membuat salah dan selalu mencabuli dalam kehidupan seharian justru mereka menzalimi diri sendiri. Quran menerangkan bahawa kesalahan-kesalahan akan di tukarkan dengan kebaikan  kebaikan apa bila mereka membuat keputusan untuk kembali ke pangkal jalan yang lurus.

25:70. Kecuali orang yang bertaubat, dan beramanah, dan membuat kerja-kerja kebaikan; bagi mereka itu, Allah akan menukarkan kejahatan-kejahatan mereka dengan yang baik, dan Allah adalah Yang Melindungi, Penyayang.

Quran menerangkan seseorang itu tidak perlu untuk menganut sesuatu agama untuk menjadi baik.

Offline isa

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 317
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #20 on: May 09, 2007, 10:37:26 AM »
48:8. Sesungguhnya Kami mengutus kamu sebagai seorang saksi, dan pembawa berita gembira, dan pemberi amaran,

48:9. Supaya kamu mempercayai Allah dan rasul-Nya, dan membantu-Nya, dan memuliakan-Nya, dan supaya kamu menyanjung-Nya pada awal pagi dan petang.

48:10. Orang-orang yang berjanji setia kepada kamu, sesungguhnya berjanji setia kepada Allah; tangan Allah adalah di atas tangan-tangan mereka. Kemudian, sesiapa memungkiri sumpahnya, hanyalah memungkiri terhadap dirinya sendiri; dan sesiapa menepati perjanjiannya yang dibuat dengan Allah, Allah akan memberinya upah yang besar.

48:11. Orang-orang Arab yang ditinggalkan akan berkata kepada kamu, "Kami disibukkan dengan harta-harta kami dan keluarga-keluarga kami; maka mintalah ampun untuk kami!" Mereka berkata dengan lidah mereka apa yang tidak ada di dalam hati mereka. Katakanlah, "Siapakah yang berkuasa untuk menolong kamu sedikit pun terhadap Allah jika Dia menghendaki kemudaratan kepada kamu, atau menghendaki kemanfaatkan kepada kamu? Tidak, tetapi Allah sentiasa menyedari apa yang kamu buat.

Note: ayat ini memperlihatkan adanya interaksi antara Nabi dgn munafiqiin Arab.

48:12. Tidak, tetapi kamu menyangka bahawa rasul dan orang-orang mukmin tidak akan balik kepada keluarga mereka selama-lamanya, dan itu dinampakkan indah di dalam hati kamu, dan kamu menyangka dengan sangkaan buruk, dan kamulah kaum yang jahat."

Note: ayat ini memperlihatkan bahwa Rasul dan mukminin pernah diusir dan ada kemungkinan kembali ke kampung halaman dan keluarganya. Kembali ke mana dari mana ?

48:13. Sesiapa yang tidak mempercayai Allah dan rasul-Nya, Kami menyediakan bagi orang-orang yang tidak percaya, yang Menyala.

48:14. Kepunyaan Allah kerajaan langit dan bumi; sesiapa yang Dia mengkehendaki Dia mengampunkan, dan sesiapa yang Dia mengkehendaki Dia mengazabkan; Allah adalah Pengampun, Pengasih.

48:15. Orang-orang yang ditinggalkan akan berkata apabila kamu bertolak kepada rampasan perang, untuk mengambilnya, "Biarlah kami ikut kamu", dengan menghendaki untuk menukar perkataan-perkataan Allah. Katakanlah, "Kamu tidak akan ikut kami; begitulah Allah berkata sebelumnya." Kemudian mereka akan berkata, "Tidak, tetapi kamu dengki kepada kami." Tidak, tetapi mereka tidak memahami kecuali sedikit.

48:16. Katakanlah kepada orang-orang Arab yang ditinggalkan, "Kamu akan diseru terhadap kaum yang mempunyai kekuatan yang sangat untuk memerangi mereka, atau mereka tunduk patuh. Jika kamu mentaati, Allah akan memberi kamu upah yang baik; tetapi jika kamu berpaling, sebagaimana kamu telah berpaling dahulu, Dia akan mengazab kamu dengan azab yang keras."

48:17. Tidak bersalah ke atas orang buta, dan tidak bersalah ke atas orang cacat, dan tidak bersalah ke atas orang sakit. Dan sesiapa mentaati Allah dan rasul-Nya, Dia akan memasukkannya ke taman-taman yang di bawahnya mengalir sungai-sungai; tetapi sesiapa berpaling, dialah yang Dia akan mengazab dengan azab yang pedih.

48:18. Allah sangat berpuas hati terhadap orang-orang mukmin apabila mereka berjanji setia kepada kamu di bawah pokok, dan Dia mengetahui apa yang di dalam hati mereka, maka Dia menurunkan ketenangan kepada mereka dan mengganjari mereka dengan kemenangan yang dekat,

48:19. Dan banyak rampasan perang untuk diambil; dan Allah adalah Perkasa, Bijaksana.

48:20. Allah menjanjikan kamu rampasan perang yang banyak untuk diambil; ini Dia menyegerakan kepada kamu, dan menahan tangan-tangan manusia daripada kamu, dan supaya ia menjadi satu ayat bagi orang-orang mukmin, dan untuk memberi petunjuk kepada kamu pada jalan lurus,

48:21. Dan yang lain yang kamu tidak dapat menguasainya; sesungguhnya Allah meliputi padanya. Allah adalah berkuasa atas segala sesuatu.

48:22. Jika orang-orang yang tidak percaya memerangi kamu, tentu mereka berpaling ke belakang, dan kemudian mendapati tiada wali (pelindung), dan tiada juga penolong.

48:23. Sunnah (resam) Allah seperti yang telah berlalu sebelumnya, dan kamu tidak akan mendapati sebarang pertukaran pada sunnah Allah.

48:24. Dia yang menahan tangan-tangan mereka daripada kamu, dan tangan-tangan kamu daripada mereka, di (dengan?) perut (pusat/ tengah?) Mekah, setelah Dia memenangkan kamu ke atas mereka. Allah melihat apa yang kamu buat.

Note: Apakah ayat ini menyiratkan kemenangan Rasul dan mukminin dan kembali ke kampung halamnnya Makkah (perhatikan ayat 12 sebelumnya)

48:25. Mereka adalah orang-orang yang tidak percaya, dan mereka menghalangi kamu daripada Masjidil Haram, dan AL-HADYA (prosedur melakukan sesuatu) YANG DIPRAKTEKKAN (ma'kuufan) mencapai MAHILLAH (tempat halalnya?). Jika tidak kerana orang-orang lelaki mukmin yang tertentu, dan orang-orang perempuan mukmin yang tertentu, yang kamu tidak mengetahui, khuatir kalau-kalau kamu akan memijak mereka, dan menimpa kamu kesalahan tanpa pengetahuan kerana mereka, supaya Allah memasukkan ke dalam pengasihan-Nya siapa yang Dia mengkehendaki; sekiranya mereka dipisahkan, tentu Kami mengazab orang-orang yang tidak percaya antara mereka dengan azab yang pedih.

Note: Apa Masjidil Harom ? Apakah ianya bangunan? Kalau ya, dimanakah ia? Apa ini Masjidil Harom yang di Makkah (ayat 24)

48:26. Apabila orang-orang yang tidak percaya meletakkan di dalam hati mereka kebengisan, dengan kebengisan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada rasul-Nya, dan orang-orang mukmin, dan mengikatkan mereka dengan kata takwa, yang mereka lebih berhak dengannya, dan sewajarnyalah; dan Allah mengetahui segala sesuatu.

48:27. Sesungguhnya Allah menjadikan benar visi rasul-Nya, dengan benar: "Kamu akan memasuki Masjidil Haram, jika Allah mengkehendaki, dengan aman, kepala kamu tercukur, rambut kamu dipotong pendek, tanpa berasa takut." Dia mengetahui apa yang kamu tidak tahu, dan membuatkan sebelum itu, satu kemenangan yang dekat.

Note: Apa maksudnya memasuki Masjidil haroom dengan aman dan kepala tercukur ? Apa ada versi terjemahan yang lain.

48:28. Dia yang mengutus rasul-rasul dengan petunjuk, dan agama yang benar, supaya Dia mempertinggikannya di atas setiap agama. Cukuplah Allah sebagai saksi.

Kita tidak bisa mengingkari bahwa pada saat ini ada kota yang bernama Makkah dan juga ada bangunan yang disebut Masjidil Haroom di kota Mekkah. Itu adalah fakta yang tidak dipungkiri. Bahkan ini merupakan historical evidence.

Offline Wong Maruf

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 132
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #21 on: June 23, 2007, 08:57:35 PM »
Bakkah artinya lembah atau dataran rendah, dalam bible ada disebut juga bakkah tetapi menurut Bible ada di Yerusalem.

Terlepas dari keduanya, ternyata semua pemerintahan Islam memiliki Bait Allah, pemerintahaan Daud memiliki bait Allah, demikian juga Yesus memiliki bait Allah. Ibrahim dan Ismail disuruh untuk membersihkan bait Allah, maksudnya disuruh untuk membebaskan bait Allah dari penguasaan orang-orang musyrik dimana mereka itu (musyrikin)  menjadikan bait Allah sebagai pusat haji untuk mengeruk devisa (dalam Bible Yesus disuruh mengusir para pedagang merpati dan penukar uang).

Membersihkan ka'bah diulangi oleh Muhammad dengan mengalahkan pemerintahan Quraisy Mekkah. Bait Allah adalah lambang kekuasaan (maqom) Islam, disana diadakan haji, dan haji itu bukan hanya untuk muslimin saja (wa adzdzin finnaas    وَأَذِّن فِي النَّاسِ atau undanglah seluruh manusia), maknanya adalah bait Allah adalah tempat berhajji yaitu tempat untuk konferensi internasional untuk mengatur kehidupan manusia yang dihadiri penguasa diseluruh bumi.

Tolong difikirkan apakah sekarang ka'bah memang untuk tujuan berhaji apa sekedar untuk pedagang merpati dan penukar uang ?

Offline isa

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 317
    • View Profile
Re: Mekah dan Saudi Arabia
« Reply #22 on: March 15, 2009, 07:48:40 PM »
Sejauh ini saya tidak menemukan ayat di dalam haji yang memerintahkan untuk mengelilingi ka'bah 7 kali, apalgi melempari tugu di Shofa dan marwa dengan batu dan mencium batu hitam di sudut ka'bah.

Anehnya malah saya menemukan ayat bahwa MAHILLAH dari Al-HADYU itu di BAITIL 'ATIIQ atau KA'BAH bukan di Mina segaimana yang dilakukan pada Haji saat ini.

Selain dari itu, MANSAKAN di dalam haji itu juga diperintahkan oleh ALLAH kepada setiap umat, dan ini bisa ditemukan di PL dalam bentuk "korban bakaran".
« Last Edit: March 17, 2009, 04:37:47 AM by isa »