Author Topic: Jadi Apa Tujuan Puasa?  (Read 14231 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline mcleoad

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 108
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #75 on: September 25, 2007, 11:39:30 AM »
Kaffaratnya ialah berpuasa selama 3 hari. Saya sudah jumpa jawapannya dan jawapannya terselindung dari ayat-ayat atau semua ayat yang berkenaan dengan hari.Untuk pengetahuan ia bukan puasa yang terdapat pada ayat 19:26 [ini puasa muhkamat]tapi ada kena mengena dengan penciptaan bumi dan ayat semasa bila AQ ini diturunkan dan ada kaitan dengan penurun yang lainnya yang saya ketegorikan sebagai ayat mutsyabihat.

Offline isa

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 317
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #76 on: September 25, 2007, 12:25:51 PM »
...

jujur saja, buat saya puasa menahan haus dan lapar sangat mengganggu aktifitas pekerjaan saya, dan bisa sangat menurunkan kinerja, siang2 nggak konsen malah jadi ngantuk pengen tidur dan bawaannya jadi males. Alhamdulillah untungnya bisa ditebus dengan memberi makan orang miskin, dan menurut saya justru ini lebih baik karena manfaatnya juga terasa terhadap orang lain. Buat saya justru saya jadi berlatih mendisiplinkan diri untuk membebaskan diri dari KEKIKIRAN yang sudah bawaan lahir ini.

Jadi, menurut Anda, puasa dalam ayat al-quran 5:89 itu apa ?

Menahan diri dari makan-minum dan sexual di siang hari atau menikmati makan dan minum serta berdingin mata ?

Offline nora

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 346
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #77 on: September 25, 2007, 03:23:03 PM »
Gimana negeri yang takde malam?

Offline adley

  • Global Moderator
  • Elandili
  • ********
  • Posts: 914
  • Call me 'Adley' or 'Ele' -- your pick.
    • View Profile
    • Allah-Semata
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #78 on: September 25, 2007, 11:03:31 PM »
Salaam all,

Mengenai pemahaman "shawm" baik yang versi makan-minum maupun yang non-makan-minum, saya rasa tidak bisa disanggah dengan kondisi2 ekstrem seperti lokasi yang tidak pernah kedatangan siang atau malam. Ini dikarenakan telah ada ayat yang memperbolehkan "ganti rugi" apabila "shawm" tidak bisa dilaksanakan. Sehingga menyimpulkan "shawm" itu apa sebenarnya seharusnya ditinjau berdasarkan keterkaitan kata tsb di dalam alqur'an.

=adley=
Klik untuk membantu mereka yang kelaparan tanpa dikenakan biaya apapun --> Mohon anda klik sehari sekali.

If you want to come to me as a human, leave your religion at the door.

Offline mcleoad

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 108
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #79 on: September 26, 2007, 10:31:06 AM »
kaffaratnya puasa 3 hari. ok kita laksanakan apa yang telah dilakukan oleh Maryam dalam surah 19:26
selama 3 hari.Jika dilihat kronologi ayat sebelumnya ada menyebut memerdekakan seorang budak -- saya tanya Bro.Isa adakah bro berkemampuan mendakwahkan kepada budak[besar dah akil baligh tapi bermasalah dengan  AQ dimana jika antum cakap macam mana pun dia tak paham , menolak dan mengatakan anda gila!] berkata budak itu mana pulak puasa makan dan minum ustat kata berlapar dahaga.... tentu jika kekurangan hujjah bro  pasti tewas dengan budak itu dalam kata lain Bro tidak dapat memerdekakan kefahaman lama budak itu.Jadi lebih baik Bro puasa dari berdakwah sebab bro kekurangan hujjah.Balik rumah makan dan minum happy dan cari hujjah yang teramat kuat selama 3 hari lepas tu cari lagi budak... Untuk pengetahuan Bro Bagi mereka yang ahli dakwah 1 milisaat dia tak berdakwah seperti hidup tak mempunyai mulut tangan dan kaki--- bisu kudung macam orang cacat... saya tanya Bro, Bro sanggup tunggu tiga hari dengan tidak berdakwah? Jika sanggup bro memang cacat tapi jika tidak! bro memang berakal dan mampu berdakwah ,mulut bro bak harum kasturi...Puasa 3 hari adalah kemaluan bagi para pendakwah jalanan ingat tu! Kalau teori tak seronok tapi sekali pratikal memang seronok kena maki kena sumpah kalau diorang terima inilah saat yang paling bahagia bagi para pendakwah... Biasa dengan perkataan diorang -"Apa kau ingat aku tak tau Al Quran ke? Atok aku dulu Wali tau sekali dia hembus kau melayang layang...Tak caya cuba Bro dakwah kepada budak kaki motor kaki perempuan kaki kereta...mau dilanggarnya dengan kereta tak pun dia kata kubur asing - asing bang....Yang kau sibuk ni apahal eee sakit telinga lah.....Banyak nak cakap .... ok kita teruskan forum perdana V6 kita....

Rasullulah Solat sampai pecah kaki....Hadis.



Offline mcleoad

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 108
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #80 on: September 26, 2007, 01:58:34 PM »
 :lamp: kondisi malam dan siang ... ok hari ni kita pergi masuk pub kita order air coke dengan kacang. kita masuk pagi ....lama kelamaan orang dah bertambah ramai jantan dan betina ...peh ! jambu.... jam menunujukkan pukul 10 pagi tapi keadaan didalam pub masih gelap suram lepas tu kita keluar kejap kat luar uiii terangnya.... kita masuk balik pub gelap suram kita dengar lagu duncheng duncheng peh jambu! kurang pening sikit tapi keadaan tetep gelap suram kalau nak meraba anytime tak der yang perasan sesak giler campur dengan asap rokok lagi sesak nafas.... keluar balik aik alamak dah pukul 12 malam masuk balik keluar balik pub sama kondisinya..cuma suasana berbeza.... cuba feel ... aku nak tolong jer ...

Offline isa

  • Peredhil
  • ***
  • Posts: 317
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #81 on: September 30, 2007, 07:43:02 AM »
kaffaratnya puasa 3 hari. ok kita laksanakan apa yang telah dilakukan oleh Maryam dalam surah 19:26
selama 3 hari.Jika dilihat kronologi ayat sebelumnya ada menyebut memerdekakan seorang budak -- saya tanya Bro.Isa adakah bro berkemampuan mendakwahkan kepada budak[besar dah akil baligh tapi bermasalah dengan  AQ dimana jika antum cakap macam mana pun dia tak paham , menolak dan mengatakan anda gila!] berkata budak itu mana pulak puasa makan dan minum ustat kata berlapar dahaga.... ...



I do not understand what you mean.

Offline mcleoad

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 108
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #82 on: October 01, 2007, 10:23:30 AM »
Ok hari ni atau besok Bro.Isa cari Kawan bro yang bro boleh kenal dia.Sebelum tu Baca surah Al Maidah mula dari ayat awal sampai  sampai 89 [ ini lah maksud Kronologi urutan ayat satu persatu.]
 
Bro. Isa tahu budak tu Hamba Kan? Jadi sekarang Bro buat kajian sikit tentang budak yang bukan hamba-- apa yang boleh bro faham. ok Bro jumpa budak sekolah darjah satu Bro cakap pasal Al Quran dan sunnah ikut tahap Bro yang sudah PHD.Apa reaksi Budak sekolah darjah satu itu? berkerut dahi, atau sebagainya.
Lepas tu cerita kepada kami dialog Bro dengan budak sekolah tu...

Offline abuwava

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 148
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #83 on: October 05, 2007, 06:06:27 PM »
Salaam semua,

Semakin saya pelajari maka saya semakin tidak mengerti apa tujuan puasa (dalam artian menahan lapar dan haus dari fajar sampai isya) sebenarnya?
Dan apa manfaatnya tentu saja.
Saya juga bingung mencari pembenaran pemahaman "tahan lapar dan haus" itu harus bagaimana lagi. Karena bagi saya tidak ada bukti yang kuat mengenai tujuan menahan lapar dan haus. Apabila alasannya adalah menjadi orang yang "lebih baik" maka dari perintah shalat dan zakat juga menyuruh seperti itu, tidak perlu lapar dan haus dahulu.

Kalo menurut pemahaman saya yang masih usang, tujuan puasa adalah "la`allakum tattaquun" yaitu agar kalian bertaqwa.
Tapi jika dihubungkan "dengan definisi taqwa sementara" .. saya juga jadi bingung... apa hubungannya lapar dan haus dengan ketakwaan ?
Justru lapar dan haus itu berhubungan erat dengan kriminalitas bukan dengan ketakwaan.

Quote
Meski Januari nanti saya tetap puasa ramadhan (menahan lapar dan haus), tapi itu saya lakukan untuk membuktikan sesuatu. :)
Jujur saja, saya juga gak nyangka akan ke sini larinya, tapi yah, mau gimana lagi.
Ada yang bisa bantu?  :facecrying:

Ini lebih bingung lagi ... Koq bulan Januari ???

Offline adley

  • Global Moderator
  • Elandili
  • ********
  • Posts: 914
  • Call me 'Adley' or 'Ele' -- your pick.
    • View Profile
    • Allah-Semata
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #84 on: October 05, 2007, 11:37:56 PM »
Salaam Abuwava,

Mengenai Januari, bisa dibaca di http://allah-semata.org/index.php?option=com_content&task=view&id=60&Itemid=26

=adley=
Klik untuk membantu mereka yang kelaparan tanpa dikenakan biaya apapun --> Mohon anda klik sehari sekali.

If you want to come to me as a human, leave your religion at the door.

Offline BlueBerry

  • Administrator
  • Peredhil
  • ********
  • Posts: 265
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #85 on: October 06, 2007, 10:11:40 AM »
Salaam semua,

Semakin saya pelajari maka saya semakin tidak mengerti apa tujuan puasa (dalam artian menahan lapar dan haus dari fajar sampai isya) sebenarnya?
Dan apa manfaatnya tentu saja.
Saya juga bingung mencari pembenaran pemahaman "tahan lapar dan haus" itu harus bagaimana lagi. Karena bagi saya tidak ada bukti yang kuat mengenai tujuan menahan lapar dan haus. Apabila alasannya adalah menjadi orang yang "lebih baik" maka dari perintah shalat dan zakat juga menyuruh seperti itu, tidak perlu lapar dan haus dahulu.
terus terang aja puasa itu bikin lemes, bikin gw gak konsen kerja, bikin ngantuk,darah mengental karena dehidrasi, efek paling parah akibat kekurangan air adalah tubuh kita menyerap air dari bagian tubuh yg lain seperti otak!

jadi Allah ngasih solusi, yaitu menebus memberi makan orang miskin, dan yang paling oks, ngasih makan orang miskin merupakan ciri orang bertakwa.

Kalo menurut pemahaman saya yang masih usang, tujuan puasa adalah "la`allakum tattaquun" yaitu agar kalian bertaqwa.
Tapi jika dihubungkan "dengan definisi taqwa sementara" .. saya juga jadi bingung... apa hubungannya lapar dan haus dengan ketakwaan ?
Justru lapar dan haus itu berhubungan erat dengan kriminalitas bukan dengan ketakwaan.
hubungannya ya itu tadi, dengan menebus maka kita telah berusaha menjadi orang bertakwa

Offline bude

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 224
  • cheesy
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #86 on: October 06, 2007, 02:08:52 PM »

Quote
adley:Semakin saya pelajari maka saya semakin tidak mengerti apa tujuan puasa (dalam artian menahan lapar dan haus dari fajar sampai isya) sebenarnya?
Dan apa manfaatnya tentu saja.

Saya juga bingung mencari pembenaran pemahaman "tahan lapar dan haus" itu harus bagaimana lagi. Karena bagi saya tidak ada bukti yang kuat mengenai tujuan menahan lapar dan haus. Apabila alasannya adalah menjadi orang yang "lebih baik" maka dari perintah shalat dan zakat juga menyuruh seperti itu, tidak perlu lapar dan haus dahulu.

Meski Januari nanti saya tetap puasa ramadhan (menahan lapar dan haus), tapi itu saya lakukan untuk membuktikan sesuatu. Smiley
Jujur saja, saya juga gak nyangka akan ke sini larinya, tapi yah, mau gimana lagi.
Ada yang bisa bantu?  Face Crying   

saya juga tertarik dg hal ini..
dan saya memberanikan diri ambil kesimpulan ini untuk pribadi(dg ketidak mampuan sy berbahasa arab, senyampenya pikiran saya..).  sepertinya tuhan menyuruh kita mempuasakan bulan ramadhan jika kita bertemu dengannya karena bulan ini adalah dimana al quran diturunkan.  berarti puasa ini untuk menghormati bulan ini, jadi tidak ada hubungannya dg membersihkan diri atau jiwa.  barangkali dg berpuasa dibulan ini, lalu kita membaca al qur'an, maka hidayah al quran akan datang kepada kita sebagaimana yg diterima nabi.  sy tidak tau nabi sedang puasa atau tidak ketika menerima ayat al qur'an. 
mengenai berpuasa yg sudah dilakukan org-org sebelum islam saya percaya.  saya pikir kejawen itu sdh ada sebelum islam adan mereka sudah melakukan laku puasa dari dulu.  mengenai kelogisan atau efek kesehatan atau efek mengerikan dari puasa saya tidak mau bahas.  pokoknya saya manut aja dg yg disuruh tuhanku.  saya ingat ayat kesukaan saya tentang hewan kurban.  "darah dan dagingnya tidak akan sampai kepadaku, tapi ketaatanmu padaku"           

Offline midaally

  • Glamhoth
  • Posts: 41
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #87 on: October 07, 2007, 07:35:13 AM »
selamat sejahtera.

message dalam Q 21:8 amat perlu bagi kita kaji lebih mendalam dari segi " nature of human body " kalau dalam kasus untuk menghasilkan pemikiran yang cerdas aspek pemakanan manusia mengikut waktu yang baik yang mana ianaya tidak melanggar sunnahtuillah akan membuahkan hasil kepada badan manusia yang sihat seterusnya akan menghasilkan sistem badan yang beroperasi dengan baik termasuk akal mendapat cukup oksigen.sekiranya manusia melangar sunnahtullah ini bencana yang buruk pasti akan menanti mereka ini.

Offline midaally

  • Glamhoth
  • Posts: 41
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #88 on: October 07, 2007, 07:49:32 AM »
selamat sejahtera.

message dalam Q 21:8 amat perlu bagi kita kaji lebih mendalam dari segi " nature of human body " kalau dalam kasus untuk menghasilkan pemikiran yang cerdas aspek pemakanan manusia mengikut waktu yang baik yang mana ianaya tidak melanggar sunnahtuillah akan membuahkan hasil kepada badan manusia yang sihat seterusnya akan menghasilkan sistem badan yang beroperasi dengan baik termasuk akal mendapat cukup oksigen.sekiranya manusia melanggar sunnahtullah ini bencana yang buruk pasti akan menanti mereka ini.

maaf sepatutnya Otak bukan akal.

Offline abuwava

  • Nogoth
  • **
  • Posts: 148
    • View Profile
Re: Jadi Apa Tujuan Puasa?
« Reply #89 on: October 08, 2007, 01:20:23 PM »
terus terang aja puasa itu bikin lemes, bikin gw gak konsen kerja, bikin ngantuk,darah mengental karena dehidrasi, efek paling parah akibat kekurangan air adalah tubuh kita menyerap air dari bagian tubuh yg lain seperti otak!

jadi Allah ngasih solusi, yaitu menebus memberi makan orang miskin, dan yang paling oks, ngasih makan orang miskin merupakan ciri orang bertakwa.
[/qoute]

Jadi puasa itu bikin masalah dunks bro..!
Dan solusinya ngasi makan orang miskin...?
Kalo gitu, kenapa ga ngasi makan orang miskinnya aja yang disyariatkan, dan bukan puasanya...
Iya kan ..?